Titanfall [Preview]


Seiring dengan gegap gempitanya komunitas gaming sedunia seputar rilisnya dua konsol next-gen, baik kerumunan di balik industri gaming maupun komunitas gamer sama-sama bersemangat menyambut jajaran game next-gen yang akan datang. Nah, salah satu judul yang paling perhatian adalah Titanfall, game first-person shooter multiplayer dari Respawn Entertainment. Jika dilihat dari reaksi komunitas gaming saat perkenalannya di gaming event seperti E3, Gamescom dan TGS, game yang satu ini berhasil menggebrak dunia gaming!



The Core of Titanfall

Bagi penggemar seri Call of Duty, aksi baku tembak Titanfall akan terasa sangat familier. Dan memang, hal tersebut sangat wajar mengingat pendiri tim developer-nya adalah orang-orang yang pernah bekerja di Infinity Ward, developer franchise COD. Pada dasarnya, Titanfall juga menyajikan gameplay yang sama dengan COD dalam mode multiplayer, yaitu setiap gamer memilih kelas, memegang senjata masing-masing lalu mencari mangsa dan menghabisi musuh sebanyak-banyaknya. Tapi di sini, gamer akan merasakan elemen gameplay yang berbeda, di mana kamu akan bermanuver dalam dimensi vertikal sebanyak kamu berlari secara horizontal.
Karaktermu akan dilengkapi jet-packs yang bisa digunakan untuk lompatan yang lebih tinggi dan lebih jauh. Dan dengan lingkungan yang interaktif, double-jumping dan wall-running akan masuk daftar gerakan favoritmu dalam bernavigasi di dunia Titanfall. Tim Respawn juga menunjukkan kepiawaian mereka dalam mendesain kontrol gerakan dalam Titanfall, karena di sini manuver dapat dilakukan dengan mudah dan bebas tanpa rangkaian tombol yang rumit, maupun batasan timing yang kaku.
 
Salah satu fitur yang paling mencolok dan rasanya tentu menjadi daya tarik utama Titanfall bagi banyak gamer adalah...mecha!! Kamu dapat mengendarai mecha yang dinamakan Titan, yang walaupun memiliki mobilitas yang terbatas dibanding pasukan infanteri, tapi pastinya lebih tahan peluru dan dilengkapi senjata berat. Titanfall menyediakan tiga pilihan kelas infanteri (juga disebut pilot), serta tiga pilihan persenjataan Titan. Dan apapun pilihan kelasmu, semua pemain akan mendapat Titannya sendiri. Namun bukan berarti kamu dapat mengendarai Titan sesukamu, karena Titan memiliki semacam waktu cooldown sampai bisa dipanggil dari kapal induk. Menariknya, waktu cooldown ini akan dipotong untuk setiap kemenangan kecil yang kamu raih, misalnya melalui skor atau jumlah kill yang banyak.
Saat seorang pemain mengendarai Titan, pastinya ada rasa superioritas saat melawan infanteri atau bahkan sepasukan infanteri. Tapi justru di sinilah terletak salah satu momen untuk aksi paling seru dalam Titanfall. Kamu memiliki banyak cara untuk menghadapi Titan. Seperti biasa, ada senjata infanteri khusus melawan Titan seperti rocket launcher layaknya di game FPS pada umumnya. Atau, seperti karakter yang melawan mahkluk raksasa di game RPG, kamu dapat menaiki Titan musuh dan mempreteli badannya. Namun para Titan juga bukannya tidak berdaya karena selain senjata yang lebih mantap, Titan juga memiliki mekanisme pertahanan melawan infanteri yang memanjat yaitu electrified smoke.

A Solely Multiplayer Experience

Tak dapat disangkal lagi bahwa mode multiplayer telah menjadi daya tarik utama bagi kebanyakan game FPS modern. Sebagai contoh, Call of Duty termasuk game yang berhasil menyajikan cerita single-player yang memukau, tapi komunitas pemainnya berkembang lebih banyak lewat mode multiplayer. Hal ini yang mungkin memicu Respawn untuk menyajikan Titanfall sebagai pengalaman bermain FPS eksklusif multiplayer. Dan harus diakui, gameplay FPS modern digabung dengan ruang gerak yang sangat leluasa, membuat Titanfall terlihat sangat seru. Di samping itu, mode multiplayer dalam Titanfall masih mengandung elemen game yang umum ditemukan dalam mode single-player, di antaranya adalah cerita, misi, sampai pada kehadiran NPC.
Satu hal yang paling menarik dalam Titanfall adalah: setiap ronde tidak berakhir seperti kebanyakan game FPS lain. Gamer tidak akan hanya melihat "pengumuman" siapa yang menang atau kalah lalu bengong sambil melihat tampilan panel skor, karena rupanya tim Respawn telah menyiapkan sesuatu yang spesial. Jika ronde berakhir, maka tanpa jeda apapun game akan langsung memasuki mode Epilogue, di mana pihak yang kalah diberi kesempatan untuk mendapat poin dengan melarikan diri ke dalam dropship yang menjemput, dan pihak yang menang bisa memburu mereka untuk mendapat poin dan experience point yang lebih besar!! Fitur yang benar-benar baru dan inovatif ini menyisipkan nuansa baru ke dalam setiap ronde Titanfall, karena secara dramatis bisa mengubah atmosfir permainan bagi seluruh pemain.


Bayangkan saja, saat seluruh pemain tengah fokus pada pertempuran yang intens, bersusah payah mengatur strategi dan bekerjasama dengan rekan satu tim, lalu rondenya berakhir. Yang tadinya berjuang dengan semangat tanpa rasa takut, sekonyong-konyong harus berhamburan untuk melarikan diri, dikejar waktu dan tentu saja dikejar oleh pemain lain yang bernafsu mengincar poin bonus.
Sepertinya Respawn mengembangkan Titanfall dengan fokus utama pada elemen gameplay, dan tidak terpaku pada grafik. Jika dibandingkan dengan kebanyakan game next-gen lainnya, Titanfall tidak menampilkan grafik yang menonjol. Tapi tetap saja, sci-fi shooter yang satu ini terlihat bagus dengan visual yang cukup tajam. Bahkan proses saat seorang gamer memasuki Titan dianimasikan dengan mulus dan dengan detail yang bagus, bukan sekedar cutscene atau pergantian sudut pandang secara instan.


Dari segi tertentu, Titanfall dapat disebut sebagai sebuah clone Call of Duty, tapi di saat yang bersamaan Titanfall juga mencuat menjadi game yang hampir berbeda sama sekali. Dalam kancah FPS multiplayer, game ini terlihat fresh, berkat ide-ide dan konsepnya yang merupakan rangkaian inovasi di antara jajaran game FPS saat ini. Pastinya, Titanfall adalah salah satu judul game next-gen yang paling ditunggu-tunggu tahun ini.

Publisher: Electronic Arts
Developer: Respawn Entertainment
Genre: First-Person Shooter
Release: Q1 2014
Available On: PC, Xbox 360, Xbox One

Source: [Click]     


Bagi sobat-sobat yang penasaran dengan gameplay-nya bisa dilihat disini:


0 comments: