Tom Clancy's The Divison [Preview]

Game next-gen berikutnya yang bakal ane share lagi ke sobat-sobat semua adalah Tom Clancy's The Division. Game yang kali ini bersetting dengan latar belakang kota New York yang bisa di bilang "hancur" ini berhasil menjadi game yang menarik perhatian banyak orang dalam event E3 2013 lalu. Untuk informasi lebih lengkap tentang game ini silahkan baca Preview berikut.





















Saat pertama kali diperkenalkan dalam event E3 2013 beberapa waktu lalu, Tom Clancy's The Division menjadi salah satu game yang menarik perhatian banyak orang. Bukan karena gameplay, bukan karena grafik, tetapi karena konsepnya yang berani dan tampil sangat menawan. Tentu saja gameplay dan grafik tetap ikut menjadi salah satu faktor yang menarik perhatian. Dari demo permainan yang ditampilkan oleh pihak developer, Tom Clancy's The Division nampaknya akan menjadi proyek game online terbaru yang mencoba untuk melakukan sebuah terobosan melalui inovasi-inovasi yang belum pernah dilakukan sebelumnya.





















Rebuilding New York City

Pihak Ubisoft melakukan sebuah gebrakan melalui pengumuman tentang penggarapan Tom Clancy's The Division. Game ini menampilkan permainan online berupa sebuah dunia open world, mengajak pemain untuk membangun kembali kota New York yang sudah hancur akibat serangan bio-terrorist. Populasi penduduk di kota New York telah terinfeksi akibat virus dari serangan tersebut, di mana hal ini mengakibatkan kehidupan sosial menjadi hancur berantakan dan memaksa umat manusia untuk bertahan hidup dengan memakai segala macam cara. Pemain akan berperan sebagai salah satu survivor yang berusaha bertahan hidup dengan mengumpulkan sumber daya dan bertarung melawan survivor lainnya.

Tidak seperti tipikal game shooter lain, Tom Clancy's The Division ditampilkan sebagai game third-person shooter yang mencampurkan dunia open world dengan MMORPG. Pemain dapat bergabung bersama tim lain untuk menjalankan beragam misi, namun para pemain dari berbagai pihak dapat saling bertemu dan bersaing melawan satu sama lain. Ubisoft menjelaskan kalau mereka ingin menampilkan persaingan antara faksi yang dapat berjalan secara dinamis. Pemain bebas untuk bergabung dengan kelompok yang mereka inginkan, sekaligus bebas pula menentukan siapakah kawan dan lawan yang ingin dihadapi dalam permainan.
















Classless Characters

Elemen RPG menjadi salah satu fitur utama dalam permainan The Division, tetapi fitur ini tidak ditampilkan seperti pada umumnya. Contoh, game ini tidak menggunakan sistem class sehingga gamer bebas memakai upgrade point untuk mempelajari skill yang sesuai dengan gaya permainan dan tipe karakter yang ingin dibuat. Dan karena kerjasama antar tim memegang peranan penting, sistem upgrade point ini dapat diubah sewaktu-waktu. Daya tarik utama dari The Division adalah mekanisme permainan yang mendorong interaksi dan kerjasama antar pemain dalam satu tim. Interaksi sosial seperti fitur voice chat tidak hanya digunakan untuk mengobrol, tetapi juga dapat digunakan untuk memberi perintah dan mengatur strategi antar sesama anggota tim.

Sehubungan dengan karakter yang bebas dikembangkan maka kalian dapat menentukan sendiri seperti apakah peran dan tugas yang sesuai dengan karaktermu. Skill-skill yang dipelajari juga ikut mengubah gaya permainan. Contohnya, karaktermu dapat mempelajari skill memakai bom dan membangun turret. Hal ini menyebabkan karaktermu dapat bertindak sebagai pasukan penyerang di garis depan, sekaligus berperan sebagai tim pembantu dengan mendirikan pertahanan. Elemen survival ikut disertakan dalam permainan, di mana kalian harus mengumpulkan beragam peralatan, makanan, dan minuman untuk menjaga kelangsungan hidup. Barang-barang seperti kain, minuman botol atau makanan ringan, menjadi obyek-obyek penting yang harus dikumpulkan setiap harinya. Ubisoft menjelaskan bahwa semua item yang ditemukan mempunyai nilai yang sangat penting, bahkan dapat menentukan hidup-matinya karaktermu pada situasi tertentu.


















Seamless Multiplayer

Multiplayer, baik kooperatif maupun kompetitif, merupakan bagian besar dari The Division di mana setiap tim terdorong untuk mempunyai anggota dengan peranan dan kemampuan berbeda-beda, dan harus mengandalkan kerjasama dan keahlian setiap karakter. Namun pada saat yang bersamaan, tim pemain juga harus berhati-hati terhadap tim musuh yang turut bersaing dalam bertahan hidup. Dari demo presentasi yang diperlihatkan, anggota tim pemain ditantang untuk bertarung melawan pasukan musuh yang dikendalikan oleh A.I. Namun di tengah-tengah pertarungan, musuh dari tim lain (dikendalikan oleh pemain lain) ikut serta dalam pertarungan, sehingga membuat situasi bertambah kacau. The Division menampilkan konsep permainan yang menarik, di mana ancaman yang dihadapi pemain dapat muncul dalam beragam jenis.

Tom Clancy's The Division berhasil menarik perhatian banyak orang dengan presentasinya yang tampil menawan. Ubisoft juga mengatakan kalau mereka berencana untuk menyertakan beragam jenis mode permainan seperti PvP, Solo vs. Group, Clan event, dan lain sebagainya. The Division juga mendukung third party devices seperti tablet atau smartphone, sehingga pemain dapat membantu anggota timnya meskipun sedang berada di luar. Pemain dapat menggunakan helikopter/drone yang berfungsi mengintai posisi musuh, dan memberikan informasi medan pertempuran kepada anggota tim. Tom Clancy's The Division saat ini masih berada dalam tahap pengembangan, dan rencana baru rilis sekitar pertengahan tahun 2014 nanti.

Publisher: Ubisoft
Developer: Ubisoft Massive
Genre: MMO, Third-Person Shooter, Action Role-Playing
Release: TBA 2014
Available On: PC, PlayStation 4, Xbox One

Source: [Click]





















Yap, lagi-lagi belum di ketahui kapan tanggal rilisnya alias TBA, jadi bagi kalian yang ingin memainkan game ini lagi-lagi harus menunggu sampai game ini diketahui tanggal rilisnya dan menunggu lagi sampai akhirnya dirilis. Dan berikut video gameplay-nya:


0 comments: